Apa kekurangan plafon PVC? Apakah plafon PVC sehat? Plafon PVC merupakan produk yang semakin populer dan banyak digunakan. Produk ini merupakan salah satu inovasi dalam dunia konstruksi terkait pemanfaatan bahan plastik polimer PVC. Kini produk plafon ini semakin mudah diperoleh, salah satunya dari Distributor Plafon PVC Purwakarta yang bisa menjadi solusi kebutuhan plafon PVC di sekitar area tersebut. 


Bagi khalayak awam yang belum begitu mengenal plafon PVC atau bahkan belum pernah memperhatikan apa itu plastik polimer, mempelajari sedikit informasi mengenai keduanya bisa menjadi awal pertimbangan sebelum memutuskan untuk menggunakan plafon PVC untuk melengkapi sebuah rumah.

Plastik Polimer PVC Sebagai Solusi Beragam Kebutuhan


Polyvinyl Chloride atau Polivinil Klorida merupakan salah satu jenis plastik polimer. Istilah plastik polimer sendiri merupakan istilah yang umum digunakan untuk mendeskripsikan bahan plastik yang terdiri dari molekul makro yang sebenarnya merupakan susunan ulang dari begitu banyak molekul sederhana.

Molekul sederhana inilah yang disebut dengan monomer dan susunan banyak monomer yang berulang membentuk molekul besar inilah yang kemudian disebut dengan polimer. Plastik polimer memiliki konstruksi fisika kimia dengan tipe tersebut.

Polivinil Klorida atau PVC merupakan salah satu plastik polimer yang paling banyak digunakan. Bahan umumnya digunakan di bidang konstruksi. Salah satu penggunaan plastik polimer PVC yang paling umum ditemui adalah sebagai bahan pipa air. Penggunaan PVC sebagai bahan pipa air salah satunya disebabkan oleh sifat unggul dari bahan tersebut berupa tahan air dan tidak mudah mengalami reaksi kimia ataupun rusak karena pelapukan.

Bahan plastik polimer inilah yang kemudian dikembangkan menjadi beragam produk, khususnya di dalam bidang konstruksi. Salah satunya adalah digunakan sebagai bahan plafon dan juga atap. Plafon PVC memiliki sifat – sifat yang serupa dengan plastik polimer PVC pada umumnya. Sifat – sifat yang melekat pada produk plafon PVC inilah yang kemudian membuat produk tersebut memiliki beragam kelebihan sekaligus kekurangan.

Mengenal Kelebihan Plafon PVC


Popularitas bahan PVC untuk digunakan sebagai plafon bangunan merupakan salah satu bukti dari keberhasilan bahan tersebut untuk digunakan sebagai material pembuat plafon. Harus diakui bahwa plafon PVC memiliki cukup banyak kelebihan jika dibandingkan dengan bahan – bahan lain yang sebelumnya lebih umum dipakai sebagai bahan plafon seperti asbes, gypsum atau GRC hingga plywood seperti tripleks.

Kelebihan plafon PVC yang pertama adalah ringan jika dibandingkan dengan bahan – bahan lain seperti asbes dan papan gipsum. Karena memiliki bobot yang lebih ringan, maka konstruksi rangka dari plafon PVC juga tidak dituntut sekuat konstruksi rangka ketika menggunakan bahan asbes atau papan gypsum sebagai plafon.

Kelebihan plafon PVC yang kedua adalah anti air. Sebagai plastik polimer, PVC memiliki sifat anti air sehingga tidak menyerap ataupun ditembus air. Hasilnya adalah perlindungan ganda dari risiko atap bocor tanpa harus takut plafon mengalami kerusakan karena terkena air ataupun kelembapan.

Berbeda dengan plywood atau asbes yang mudah rusak ketika terkena air atau kelembapan. Jamur yang tumbuh akan mempercepat bahan – bahan tersebut mengalami pelapukan. Kondisi ini tidak akan terjadi pada penggunaan plafon dengan bahan plastik polimer PVC.

Kelebihan plafon PVC yang ketiga adalah anti rayap. Rayap merupakan masalah konstruksi bangunan berbahan kayu yang sangat serius. Masalah ini tidak akan terjadi pada konstruksi plafon berbahan PVC dan menggunakan rangka baja ringan karena kedua bahan tersebut tidak akan dimakan rayap.

Kelebihan yang keempat berasal dari kombinasi kelebihan – kelebihan sebelumnya, yaitu memiliki usia pakai yang panjang. Plafon PVC terbilang sangat awet dan tidak mudah rusak karena tidak mudah mengalami pelapukan atau kerusakan akibat jamur, kelembapan ataupun karena serangan rayap. PVC juga memiliki sifat kuat sekaligus lentur yang membuat bahan ini tidak mudah rusak akibat tekanan ataupun benturan.

Kelebihan yang kelima adalah tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Sifat plastik polimer PVC yang tidak menyerap air atau kelembapan karena berpori sangat kecil membuat bahan ini tidak mudah kotor atau terkena noda. Kebutuhan perawatan plafon PVC umumnya hanya dibersihkan dari debu atau sarang laba – laba yang menempel.

Mengenal Kekurangan Plafon PVC


Bahan plastik polimer PVC juga memiliki kelemahan yang juga melekat pada produk plafon yang terbuat dari bahan tersebut.

Kekurangan pertama plafon PVC adalah berpotensi menambah jumlah sampah plastik. PVC sulit terurai sehingga butuh penanganan yang bijaksana terkait sisa atau bekas plafon PVC setelah tidak digunakan. Bahkan bahan ini terbilang sulit untuk didaur ulang agar bisa digunakan kembali dalam wujud yang berbeda.

Kekurangan yang kedua adalah tidak terlihat alami atau klasik dan cenderung terlihat monoton. Bahkan ketika dibuat dengan motif tertentu atau menggunakan motif serupa dengan kayu, sifat plastik yang halus umumnya membuat tampilan plafon PVC menjadi kurang cocok untuk rumah klasik atau bergaya rustic.

Kekurangan yang ketiga adalah terlihat monoton atau membosankan ketika menggunakan tipe plafon PVC polos. Plafon tipe ini umumnya lebih cocok dipakai untuk rumah modern yang memiliki karakter desain minimalis atau industri yang cenderung sederhana dan minim elemen dekoratif.

Kekurangan yang keempat berupa kebutuhan pemasangan yang teliti agar menghasilkan tampilan yang rapi. Karena alasan inilah dibutuhkan tukang spesialis untuk mengerjakan pemasangan plafon PVC.

Kekurangan yang kelima ada pada unsur klorin yang dianggap berbahaya ketika berwujud gas. Akan tetapi hal ini merupakan anggapan yang kurang tepat karena bahan PVC sangat sulit mengalami reaksi kimia yang menyebabkan gas klorin terlepas. Penggunaan PVC sebagai bahan pipa air menjadi bukti lain bahwa bahan ini terbilang aman digunakan oleh manusia.

Itulah beberapa hal penting terkait sifat plastik polimer PVC hingga kelebihan dan kekurangan plafon yang terbuat dari bahan tersebut. Kebutuhan bahan plafon PVC ataupun kesulitan terkait pemasangan plafon dengan bahan tersebut dapat dikonsultasikan langsung dengan DistributorPlafon PVC Purwakarta.