Apakah plafon PVC tahan panas dan hujan? PVC terbuat dari apa? Distributor Plafon PVC Purwakarta - Banyak sekali cara yang dapat dipergunakan untuk bisa lebih mempercantik rumah milik Anda. Salah satu dengan mencoba menggunakan plafon PVC sebagai langit-langit ruangan. Metode yang satu ini memang masih belum banyak yang mengetahui karena penggunaan plafon PVC baru sebatas untuk gedung-gedung mewah, hotel, restoran, dan juga apartemen. Masyarakat biasanya hanya menggunakan plafon berbahan dasar gypsum atau triplek. 




Namun, PVC ini untuk sekarang menjadi salah satu bahan yang digunakan secara luas pada kehidupan sehari-hari sehingga akan mudah menemukan distributor plafon PVC. Walaupun lebih sering dikaitkan dengan pipa PVC, bahan PVC ini memiliki banyak kelebihan sehingga menjadikannya cocok untuk berbagai aplikasi pada hunian. Sebelum Anda mulai membelinya di distributor plafon PVC Jakarta simak artikel kali ini agar Anda bisa mengenalnya lebih mendalam.

Pengertian Bahan PVC


Bahan PVC ini adalah singkatan dari polivinil klorida atau lebih sering disebut dengan vinyl. Sudah dimanfaatkan sejak pertengahan abad ke-20 karena banyak sekali kelebihan yang dimilikinya. Bahan PVC ini termasuk polimer termoplastik dengan jumlah penggunaan terbanyak ketiga di seluruh dunia setelah bahan polietilena dan juga polipropilena.

Salah satu alasan bahan PVC digunakan secara luas adalah memiliki harga yang murah sehingga begitu diandalkan untuk memproduksi berbagai macam produk. Berkaitan dengan produksinya, PVC ini menggunakan metode polimerisasi monomer vinil klorida, massa sebesar 57% yang berupa klor, bahan PVC ini juga menggunakan bahan baku baku minyak bumi paling rendah dibandingkan dengan material yang lainnya.

Setelah melewati berbagai rangkain dalam proses pembuatannya, bahan PVC ini mempunyai tampilan resin yang serupa dengan tepung terigu. Resin pada PVC ini juga tidak dapat langsung digunakan, tetapi harus diolah dan dicampurkan dengan berbagai macam zat aditif lainnya sehingga bisa menjadi berbagai macam produk yang akan kita temukan sehari – hari dan di tempat distributor Plafon PVC Purwakarta.

Plafon PVC yang Tahan Panas dan Air Hujan


Plafon ini memang menjadi salah satu item terpenting dan akan dibutuhkan ketika membangun rumah. Selain bisa berfungsi sebagai penutup rangka, plafon ini juga akan menjadi isolator udara panas sehingga nantinya bisa lebih menghemat penggunaan AC di dalam rumah. Bahan PVC yang merupakan bahan polimer dan banyak digunakan pada pipa air, kabel dll.

Hal ini karena memang bahan PVC ini mempunyai sifat yang lebih lentur dan jauh lebih ringan sehingga bisa tahan lebih lama.Anda akan banyak sekali menemukan model plafon PVC dengan motif dan pilihan desain yang unik, plafon PVC ini memang bisa menjadi solusi yang paling tepat jika Anda sangat memperhatikan estetika dari desain ruangan Anda. Selain itu memiliki bentuk yang berupa lembaran akan semakin lebih mempermudah ketika proses pemasangannya.

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh material PVC ini adalah sangat mudah ketika akan dibersihkan. Debu, noda beserta kotoran apapun bisa dihilangkan dengan sangat mudah dan cepat. Material yang satu ini juga terkenal dengan ketahanannya terhadap api, plafon PVC dikenal tidak akan mudah terbakar sehingga api yang menyala tidak bisa merambat ke seluruh bagian plafon rumah Anda.

Nantinya, jika plafon terbakar api juga lebih cepat mati karena plafon yang meleleh tersebut. Harga plafon PVC ini juga jauh lebih ekonomis dibanding dengan jenis plafon gypsum maupun kayu. Tidak akan mengherankan memang jika plafon PVC ini akan semakin banyak dipilih dan menjadi solusi yang paling terbaik untuk digunakan pada atap rumah Anda.

Tips Memilih Plafon PVC dengan Tepat


Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan membeli plafon PVC :

1. Kualitas dari Printing Motif


Motif yang terdapat pada plafon PVC ini umumnya akan dibuat dengan cara menempelkan film atau laminasi di dalam lembaran PVC. Apapun teknik yang nanti digunakan, harus diperhatikan kualitas dari hasil cetakan agar nantinya tampilan terlihat lebih indah dan elegan. Plafon dengan kualitas printing yang baik pasti akan mempunyai motif yang terlihat lebih jelas dan tidak akan mudah untuk mengelupas.

2. Kepadatan dan Kelenturan Pada Papan


Plafon PVC yang memiliki kualitas baik ini pastinya juga memiliki kepadatan yang baik juga, tetapi masih cukup lentur sehingga akan lebih aman ketika nanti dipasang. Bila nantinya terlalu padat dan keras, plafon PVC ini akan lebih sulit untuk dibentuk.

Namun bila kurang padat, plafon PVC ini juga akan mudah rusak ketika dipasang dan juga terkena beban berat. Biasanya untuk ketebalan 8 mm sudah lebih dari cukup untuk menjadi bahan plafon yang kokoh yang bisa digunakan untuk rumah Anda.

3. Pastikan Memiliki Kode Produksi yang Sama


Sebelum Anda memutuskan untuk membeli di distributor plafon PVC Purwakarta, pastikan bahwa untuk setiap lembaran PVC ini memang berasal dari kode produksi yang sama. Tidak jauh berbeda seperti ketika Anda membeli keramik, kode produksi yang berbeda ini bisa menghasilkan selisih pada perbedaan warna. Biasanya untuk plafon putih ini yang paling rawan terlihat belang jika berasal dari kode produksi yang berbeda.

Bahan plafon PVC yang memiliki ketahanan baik dan terbuat dari material anti rayap, tahan air, dan tidak berjamur menjadi daya tersendiri dibandingkan dengan jenis material plafon yang lainnya. Plafon PVC ini memang akan mengatasi berbagai masalah yang sering sekali merusak plafon rumah.