1 dus PVC isi berapa? Plafon rumah merupakan bagian yang bisa melengkapi dan menyempurnakan sebuah konstruksi rumah. Distributor Plafon PVC Purwakarta dapat menjadi solusi pemasangan plafon modern dengan bahan PVC. Dahulu plafon lebih umum terbuat dari bahan plywood atau tripleks dan asbes, tetapi kini ada produk plafon berbahan plastik PVC yang semakin banyak digunakan karena memiliki beragam kelebihan.


Mengenal PVC, Plastik Polimer Bahan Plafon Modern


Plafon PVC merupakan bahan plafon yang terbuat dari plastik polimer PVC yang sebelumnya lebih lazim digunakan sebagai bahan pipa air ataupun pipas listrik. Istilah PVC merupakan kependekan Polyvinyl Chloride atau Polivinil Klorida yang merupakan salah satu jenis polimer termoplastik selain polietilena dan polipropilena.

PVC termasuk salah satu jenis plastik polimer yang paling banyak digunakan, umumnya untuk kebutuhan konstruksi. Hal ini disebabkan oleh sifat umum plastik PVC yang ringan, elastis dan tahan lama sekaligus murah. Alasan ini pulalah yang membuat PVC semakin banyak ditemukan sebagai bahan beragam produk konstruksi seperti plafon.

Polimer PVC pertama kali ditemukan oleh Henri Victor Regnault pada tahun 1835 dan terus disempurnakan seiring perkembangan jaman. Penyempurnaan polimer tersebut dilakukan dengan menambahkan beberapa bahan untuk mendapatkan sifat yang fleksibel serta lebih mudah diproses, hasilnya adalah beragam tipe PVC yang ditemui pada saat ini.

Plastik PVC memiliki sifat umum yang tahan terhadap reaksi kimia ataupun biologi. Plastik polimer ini stabil dan tidak mengalami korosi ataupun mengalami kerusakan akibat aktivitas biologi akibat jamur ataupun organisme lain. Karena alasan itulah PVC kemudian banyak digunakan sebagai solusi perpipaan untuk distribusi air minum ataupun digunakan sebagai pengganti elemen konstruksi yang sebelumnya lebih lazim menggunakan kayu.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC

Plafon PVC merupakan produk berbahan plastik polimer PVC yang memiliki sifat – sifat dasar dari bahan tersebut. Hal inilah yang membuat plafon PVC memiliki sifat unggul layaknya bahan plastik polimer PVC seperti tidak mudah mengalami reaksi kimia seperti oksidasi ataupun korosi. Hasilnya adalah sebuah bahan yang kuat dan awet sehingga memiliki usia pakai yang panjang.

Sidat plastik yang tidak terpengaruh oleh reaksi biologis membuat bahan ini tahan lama karena tidak mengalami pelapukan ataupun kerusakan akibat jamur, sebuah masalah yang umum terjadi pada kayu. Masalah yang umum terjadi pada kayu seperti dimakan rayap juga tidak akan terjadi pada PVC. Hal inilah yang membuat PVC seringkali dipakai untuk menggantikan fungsi kayu seperti pada plafon rumah.

Hasilnya adalah plafon rumah yang tidak mudah rusak karena air dan juga anti serangan rayap. Kelebihan lain dari plafon berbahan plastik PVC adalah ringan sekaligus kuat karena tidak mudah pecah.

Karena memiliki bobot yang ringan, plafon PVC juga lebih mudah dipasang serta tidak membutuhkan konstruksi rangka yang rumit. Rangka baja ringan sudah sangat memadai untuk digunakan sebagai rangka pemasangan plafon PVC.

Bahan plastik yang tidak memiliki pori membuat plafon PVC juga tidak mudah kotor dan mudah dibersihkan. Hasilnya adalah plafon rumah yang mudah dalam hal perawatannya sehingga tidak menimbulkan banyak kerepotan.

Sedangkan kekurangan dari plafon berbahan PVC secara umum berupa sifat bahan plastik secara umum yang sulit terdegradasi sehingga ketika rusak butuh didaur ulang agar tidak mengotori tanah.

Kekurangan lain dari plafon PVC adalah faktor estetika bagi pemilik rumah yang menyukai kesan klasik atau natural. Meski memiliki motif yang cukup beragam, kesan plastik tetap sulit dihilangkan dari plafon PVC jika dibandingkan dengan bahan lain yang alami. Plafon PVC polos di satu sisi juga akan terlihat membosankan jika tidak dieksekusi secara tepat seperti digunakan pada rumah bertema minimalis.

Standar Kemasan dan Ukuran Plafon PVC

Karena sifat bahan plafon PVC yang spesifik, maka dibutuhkan keterampilan khusus dalam hal merangkai dan memasang bahan tersebut. Hal inilah yang membuat pilihan menggunakan jasa DistributorPlafon PVC Purwakarta dapat menjadi solusi terbaik dalam memasang plafon PVC.

Faktor keterampilan dan pengalaman dalam memasang plafon PVC bisa sangat berpengaruh pada kerapian atau hasil akhir pemasangan plafon. Alasan inilah yang menyebabkan plafon PVC lazom dijual dalam format borongan atau sekaligus dengan jasa pemasangan.

Perhitungan yang terjadi pada belanja plafon PVC sekaligus jasa pemasangan umumnya dihitung dalam luasan meter persegi. Sehingga kalkulasi total dari biaya tersebut akan dihitung berdasar luasan ruang yang dipasang plafon dan sudah mencakup harga bahan plafon PVC sekaligus jasa pemasangannya.

Jika ingin melakukan pemasangan plafon sendiri, maka dapat membeli bahan plafon dan rangka untuk kemudian dirangkai sendiri atau menggunakan jasa tukang. Hal yang kemudian wajib diperhatikan adalah perhitungan jumlah bahan yang dibeli dengan kebutuhan bahan berdasar luas ruang yang akan dipasangi plafon.

Hal pertama yang wajib diketahui adalah ukuran plafon PVC. Lebar standar plafon PVC adalah 20 cm, sedangkan ketebalannya dapat beragam berdasarkan tipe atau merek produk tersebut. Sedangkan ukuran panjang plafon PVC cukup beragam, umumnya antara 3 meter, 4 meter, 5 meter hingga 6 meter.

Beberapa pilihan panjang tersebut dapat memudahkan untuk membeli bahan plafon PVC secara efisien berdasarkan luas ruangan. Membeli bahan plafon PVC satu dus dapat menjadi pilihan untuk menghemat pengeluaran belanja karena akan dihitung lebih murah jika dibandingkan membeli per lembar. Satu dus plafon PVC umumnya berisi 12 lembar dengan ukuran panjang yang bisa disesuaikan.

Itulah beberapa hal mendasar dan cukup penting terkait plafon PVC, mulai dari sifat hingga perhitungan belanja ketika akan melakukan pemasangan. Distributor Plafon PVC Purwakarta dapat menjadi solusi permasalah plafon PVC, mulai dari belanja bahan hingga jasa pemasangannya.