Plafon adalah bagian atas suatu ruangan yang memiliki fungsi sebagai pelindung ruangan, penutup antara bagian atas ruangan dengan atap. Sehingga jika ada kotoran daun-daun atau debu tiupan angin, butiran tanah atau pasir atau bocoran air juga sinar cahaya matahari yang menerobos masuk ke dalam ruangan dari sela-sela genteng atap maka bisa terlindungi dengan adanya plafon. Itu adalah fungsi utama dari plafon, dan selain itu plafon juga memiliki fungsi estetika, yakni sebagai penghias suatu ruangan.

 


Sehingga model, bahan dan warnanya juga harus dipertimbangkan dengan cermat agar membuat suasana ruangan menjadi nyaman dan serasi. Salah satu bahan plafon andalan adalah plafon dari PVC dengan beberapa keunggulannya. Suatu bahan yang sering digunakan untuk pembuatan pipa. Bisa dapatkan di https://www.plafonpvc.info/ lengkap tersedia dalam harga terjangkau di Distributor Plafon PVC Purwakarta tersebut.

Pasang plafon habis berapa?


Tak perlu khawatir dengan harganya, karena cukup terjangkau. Plafon PVC harga terpasangnya adalah mulai dari sekitar 160 ribu Rupiah hingga sekitar 400 ribu Rupiah per m2. Itu adalah harga terpasangnya, yaitu sudah harga berikut biaya pemasangannya. Jadi total anggarannya adalah tergantung pada luas ruangannya dan juga dengan model dan warnanya. Semakin luas ruangannya maka akan semakin besar biayanya, tapi semakin kecil luas ruangannya maka akan semakin murah biayanya. 

Begitu juga semakin langka dan berkualitas tinggi motif serta pilihan warnanya dengan efek glossy atau doff yang menjadi pilihannya maka akan semakin tinggi harganya. Namun jika yang dipilih adalah motif dan warna standar yang telah banyak tersedia yang juga tak kalah cantiknya maka biayanya akan semakin murah. Begitu juga dengan tingkat ketebalannya, semakin tebal maka akan semakin kuat dan awet namun harganya tentunya juga akan bertambah semakin tinggi. Selain itu merk plafon juga beragam pilihannya dan akan turut mempengaruhi harganya juga. 

Merk-merk terkenal akan membebankan biaya promosi dan biaya pembangunan brand atau merknya kepada konsumen, namun rata-rata kualitas plafon PVC merk yang terkenal biasanya juga bagus dan bisa diandalkan dengan masa garansi yang lebih panjang. Meski demikian jika teliti maka akan ditemukan plafon PVC yang berkualitas bagus dengan motif dan warna sesuai selera yang merknya kurang terkenal sehingga harganya bisa lebih murah.

Apakah plafon PVC bisa rusak?


Pertanyaan selanjutnya adalah apakah plafon PVC itu awet dan tahan lama serta tidak mudah rusak. Jawabannya adalah justru inilah salah satu keunggulannya, bahkan tersedia garansi hingga 10 tahun. Bahan yang terbuat dari plastik ini tidak akan mudah rusak. Berikut ini secara rinci keunggulan dari plafon PVC.

Aman dan Awet


Plafon PVC jika dibandingkan dengan plafon yang terbuat dari bahan lain seperti gypsum, atau triplek, atau fiber semen akan lebih awet dan juga aman, mampu bertahan hingga puluhan tahun. Bahkan tersedia garansi hingga 10 tahun tahan rayap. Hal ini karena plafon PVC mengandung Polymer Isosianat yang tidak akan terurai ataupun menjadi lapuk. Anti rayap dan tahan cuaca.

Tahan Api dan Kebakaran


Plafon PVC juga tidak akan mudah rusak karena memiliki sifat yang tahan api dan anti kebakaran. Plafon PVC mengandung

bahan polimer di dalamnya yang memang tahan api, juga diberi lapisan yang anti api. Istilahnya Plafon PVC adalah bahan yang

flame retardant yaitu sulit terbakar juga merupakan bahan yang tidak akan merambatkan api ketika terjadi kebakaran.

Anti Bocor dan Rembes


Keunggulan lain dari plafon PVC adalah bahan materialnya yang anti bocor dan anti rembes karena bahan plafon PVC itu kuat juga tidak mudah pecah atau rusak dan retak, sehingga akan mampu meminimalisir kebocoran yang terjadi.

Ringan dan Lentur


Bahan plafon PVC yang lebih lentur akan membuatnya awet dan tidak mudah rusak. Selain itu bobotnya juga ringan sehingga akan memudahkan proses pemasangannya karena cukup mudah dipindah-pindahkan. Proses pemasangannya bisa berlangsung dengan cepat dan rapi karena dikerjakan oleh ahlinya, yaitu tenaga terampil yang profesional kerjanya juga berpengalaman.

Model dan Warna yang Beragam


Pilihan model dan juga pilihan warnanya juga beragam. Sehingga akan mudah dipadupadankan dengan warna tembok ruangan juga berbagai interior ruangan yang akan ditempatkan pada suatu ruangan. Begitu juga dengan modelnya sangat bervariasi, ada model Plafon PVC dengan motif aneka serat kayu, atau aneka motif logam metal, juga ada motif bidak papan catur dan motif air hingga motif awan yang sangat elegan namun cocok juga untuk ruangan kamar anak dan lain sebagainya. Motif dan warnanya sangat bermacam-macam. Baik yang berkesan glossy maupun doff. Warnanya tersebut juga kuat dan tidak akan mudah luncur atau mengalami kerusakan.

Perawatan yang Mudah


Perawatan plafon PVC yang awet ini juga mudah dan tidak akan merepotkan. Cukup sekali dibersihkan dari debu dan sarang laba-laba. Biaya perawatannya pun tidak akan mahal.

Mampu Mempertegas Gaya Rumah


Dengan pilihan motifnya yang beragam dan juga dengan pilihan warnanya maka pemasangan plafon PVC pada tiap ruangan akan mampu mempertegas pilihan gaya rumahnya. Bisa pilih motif-motif bertema gaya klasik jika gaya rumahnya adalah gaya klasik, atau bisa memilih motif-motif abstrak dan modern bergaya minimalis untuk digunakan di ruangan suatu rumah bergaya minimalis. Dengan begitu maka rumah akan menjadi serasi dan makin nyaman untuk ditinggali. Mampu memenuhi fungsi estetikanya.

Jumlah Satu Dus Plafon PVC


Jika hendak membelinya per dus maka sebagai gambarannya, secara rata-rata jumlah plafon PVC pada dus sepanjang 4 Meter isinya adalah sekitar 15 Lembar. Jumlah itu cukup untuk digunakan pada area pemasangan seluas sekitar 12 m2.

Itulah antara lain pembahasan mengenai plafon PVC dan beberapa keunggulannya.