Apakah plafon PVC bisa di bongkar pasang? Plafon rumah bagus pakai apa? Belakangan ini plafon PVC memang cukup banyak digemari dan dicari ketimbang plafon jenis lainnya. Salah satu kelebihannya adalah plafon yang satu ini, mudah dibongkar pasang, apakah hal tersebut benar adanya. Lalu bagaimana cara memilih plafon rumah yang bagus. Ini yang perlu Anda perhatikan dan ketahui, sebelum nantinya mengunjungi pihak distributor plafon PVC Purwakarta, untuk membeli plafon kebutuhan Anda.



Plafon PVC bisa bongkar pasang


Anda tentu tahu bahwa plafon PVC ini terbuat dari material PVC atau polyvinyl Chloride, dimana ini adalah bahan jenis plastik tebal, selain digunakan untuk membuat pipa saluran air, belakangan ini mulai digunakan untuk membuat plafon atau atap rumah.

Beberapa kelebihan dari produk yang satu ini, yaitu mudah Anda temukan di berbagai distributor termasuk distributor plafon PVC Purwakarta, mudah proses pemasangannya, selain aneka kelebihan lainnya.

Proses pemasangan plafon PVC ini sangat mudah, karena dipasang menggunakan sistem knock down, atau bongkar pasang. Dimana proses instalasinya terbilang lebih praktis dan cepat. Apalagi bahan plafon yang satu ini lentur dan ringan, Anda dapat memasangnya sendiri dengan mudah, tanpa perlu bantuan dari jasa pasang plafon.

Tapi yang perlu Anda perhatikan dalam hal ini, pastikan Anda memilih jenis plafon PVC yang tepat, dan juga desain yang tepat. Pastikan juga sekrup dan juga material pemasangan lainnya lengkap, agar Anda tidak salah dalam memasang plafon tersebut.

Cara pasang plafon PVC


Seperti yang dijelaskan di atas, cara pasang dari plafon ini sangat mudah. Namun sebelumnya, Anda perlu mempersiapkan alat dan bahan untuk memasang plafon tersebut, seperti :

1. Rangka plafon, dimana dalam hal ini Anda dapat memilih material dari kayu atau juga besi hollow.

2. Siapkan plafon PVC dengan kualitas yang baik.

3. Paku, dalam hal ini sebaiknya gunakan paku biasa, dan bukan paku beton.

4. Sekrup, untuk memasang rangka hollow.

5. Bor dengan ukuran 10 mm.

6. Cutter atau alat pemotong lainnya.

7. Mata bor.

8. Grinder dan juga siku plafon.

9. Meteran dan juga palu.

10. Kabel serta stop kontak.

Setelah aneka macam material Anda siapkan, maka berikutnya adalah proses pasang dari rangka plafon PVC tersebut.

1. Pasang rangka plafon


· Beri tanda ketinggian, dan pastikan tanda yang dibuat tidak melebihi dari ring balok. Lantaran ring tersebut, nantinya jadi bagian tembok dan ketika digunakan, membuat paku mudah bengkok. Gunakan waterpass, agar tampak lebih rata.

· Tinggi plafon sebaiknya lebih dari 3 meter. Semakin tinggi semakin baik.

· Hati hati ketika memasang rangka plafon tersebut. Pastikan juga setiap sudutnya sesuai dengan ukuran rangka dari bidang yang akan dipasang.

2. Pasang list profil PVC


· Pasang pada sekeliling tembok, tepat di bawah rangka plafon PVC, yang sudah dibuat sebelumnya.

· Pada saat memotong, lakukan pada bagian sudut. Ada dapat menggunakan gergaji atau juga gerinda.

· Pasang list menggunakan bor dan sekrup. Usahakan beri jarak antara sekrup satu dengan yang lainnya, kira kira 30 hingga 50 cm.

3. Pasang papan PVC


· Pasang langsung papan PVC, pasang menggunakan bor atau sekrup, yang sudah disiapkan sebelumnya.

· Lakukan proses pemasangan satu per satu, dan lembar demi lembar. Mulai dari satu sisi pinggiran tembok.

· Kemudian masukkan ke sisi papan PVC yang ada pada list profil PVC, sekrup pada bagian sisi lainnya, agar lebih kuat.

· Jika papan PVC sudah terpasang, sambung kembali dengan papan PVC lainnya, pastikan pasang dengan baik, agar tidak mudah lepas.

Jika proses pemasangan nya sudah selesai, sebaiknya rapihkan sisa sampah dan juga ujung plafon tersebut, agar terlihat lebih rapi, dan tidak ada yang terurai, atau bahkan ujung yang terlihat tajam.

Mencari plafon rumah yang bagus


Pada dasarnya masing masing jenis plafon mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Anda kebingungan mencari plafon rumah yang dinilai tepat, dan bagus, berikut beberapa pilihannya untuk Anda.

1. Plafon Gypsum


Terbuat dari bubuk Gypsum dan juga roving, dimana umumnya bahan yang satu ni berwarna putih, dan dapat dibentuk sesuai kebutuhan. Selain itu desain dari plafon yang satu ini terbilang cukup beragam, pastinya mampu mempercantik langit langit rumah Anda. Yang paling penting harganya cukup terjangkau.

2. Plafon PVC / Polyvinyl Chloride


Bahan yang satu ini memang mudah Anda temukan pada pipa saluran air, namun belakangan ini mulai digunakan sebagai bahan pembuatan plafon. Hasil dari bahan yang satu ini, langit langit Anda terlihat lebih mengkilap, tahan terhadap air, rayap dan juga api. Saat ini tersedia dalam berbagai macam koleksi warna, dan desain, dan proses pemasangannya sangat mudah, karena menggunakan sistem knock down.

3. Plafon GRC / Glass Fiber Reinforced Cement Board


Material yang satu ini terbuat dari bahan serat, kaca, pasir halus dan juga polimer. Dari sisi harga, plafon yang satu ini terbilang sangat murah. Tapi walaupun murah, plafon yang satu ini mempunyai beberapa keunggulan yang perlu dipertimbangkan, seperti tahan air, tahan air, tidak mudah menyerap air hujan, yang membuat langit langit tidak mudah roboh. Selain itu desain GRC juga terbilang beragam, mewah dan terlihat elegan.

4. Eternit


Proses pemasangannya cepat, harga terjangkau, membuat plafon yang satu ini juga banyak dipilih. Selain itu desainnya yang beragam, membuat langit langit rumah Anda terlihat indah.

Dari ulasan di atas, apakah Anda sudah mempunyai gambaran tentang jenis plafon yang dinilai tepat dan sesuai keinginan, sebelum mengunjungi distributor plafon PVC Purwakarta kelak.