Apakah plafon PVC bisa dicat? Berapa jarak Rangka plafon PVC?Bagaimana caranya untuk menghitung ukuran jarak rangka dari plafon PVC? Sebelum Anda memutuskan ke distributor plafon PVC Purwakarta, maka sebelumnya harus mengetahui ukuran jarak dari rangka plafon PVC, Anda harus memahami lebih dahulu tentang plafon. Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih spesifik terkait dengan berapa jarak plafon PVC yang benar dan bisakah plafon PVC tersebut untuk di cat.



Apa Itu Plafon ?


Plafon ini adalah sebuah komponen yang ada di dalam konstruksi bangunan dan ditempatkan pada langit-langit ruangan. Fungsi dari plafon ini adalah untuk menutupi kerangka bangunan atau menjadi pembatas antara atap rumah dengan juga interior rumah. Pastinya, Anda sudah dapat membayangkan seperti apa bentuk dari rumah yang tidak memiliki atap.

Rumah yang tidak memiliki plafon ini bisa terlihat tidak rapi secara visualnya karena Anda bisa melihat secara keseluruhan rangka rumah maupun atap. Rangka di sini dapat berupa rangka kayu maupun besi. Dengan demikian, plafon ini adalah komponen yang penting dan harus masuk ke dalam list biaya pembangunan dan juga renovasi rumah.

Ukuran Jarak Rangka Plafon PVC Yang Tepat


Bagaimana caranya untuk memasang plafon PVC ? Hal ini pastinya akan sangat erat berkaitan dengan rangka yang tadi sudah kita bahas di atas. Ukuran untuk jarak yang ada di dalam plafon PVC paling umum untuk digunakan pada rangka plafon rumah adalah 60 cm x 80 cm. Namun, ada beberapa rumah yang pasti akan memiliki desain dan juga susunan arsitektur yang berbeda, maka ada beberapa ukuran plafon PVC untuk rangkanya sebagai berikut ini :

1. 30 cm x 30 cm

2. 30 cm x 40 cm

3. 40 cm x 40 cm

4. 40 cm x 60 cm

5. 60 cm x 60 cm

6. 60 cm x 80 cm

Apakah Plafon PVC Bisa di Cat ?


Selain bisa memberikan tampilan yang lebih bersih dan juga terlihat elegan, penggunaan plafon PVC ini juga bisa untuk divariasikan dengan cara mengecatnya dengan menggunakan berbagai macam pilihan warna cat rumah yang memang Anda inginkan. Selain juga bisa di cat, plafon PVC ini juga bisa diberikan berbagai macam motif dan corak yang sangat menarik dan sesuai dengan konsep desain memang Anda inginkan.

Langkah – langkah Memasang Plafon PVC


Sama seperti ketika Anda akan mencari distributor plafonPVC Purwakarta, saat akan memasang plafon PVC motif untuk pemula ini bisa dikatakan tidak mudah, harus bisa sabar, tawakal, dan memiliki kreativitas yang baik. Langkah – langkah untuk memasang plafon PVC ini adalah sebagai berikut ini :

1. Persiapkan Alat yang Dibutuhkan


Pertama Anda bisa untuk mempersiapkan alat yang akan digunakan untuk memasangnya seperti, pisu cutter, bor, gerinda, mata bor yang digunakan untuk sekrup, meteran, siku, palu dll. Setelah alatnya siap jangan lupa juga untuk mempersiapkan bahan yang akan dibutuhkan, misalnya besi hollow ketebalan menyesuaikan keinginan, papan PVC, paku beton, skrup, lis PVC dan lem silikon.

2. Pasang Rangka Plafon PVC


Lakukan penandaan ketinggian untuk plafon terlebih dahulu, usahakan dalam penandaanya tidak melebihi ring balok, karena ring balok ini merupakan bagian bidang tembok yang cukup keras sekali dan membuat paku bengkok sehingga tidak masuk ketika akan di paku nantinya.

Lakukan penandaan ini pada sekeliling ruangan menggunakan waterpass selang supaya bisa sama rata. Usahakan untuk ketinggian pada plafon tidak kurang dari 3 meter, atau bisa juga lebih tinggi sehingga bisa lebih bagus. Pemasangan untuk rangka plafon pvc ini pada dasarnya itu sama saja dengan pemasangan rangka gypsum yang memiliki model rata.

3. Pasang List Profil PVC


Hal yang paling membedakan ketika memasang Plafon PVC dengan pemasangan Plafon Gypsum itu ada di pemasangan Listnya. Pada list PVC di bagian tembok dipasang terlebih dahulu sebelum penutupan papan PVC. Jika tidak nantinya akan semakin sulit ketika melakukan pemasangan listnya.

Sedangkan pada list gypsum di bagian tembok harus di pasang setelah melakukan spenutupan rangka plafon dengan menggunakan sebuah papan gypsum. Jadi setelah melakukan pemasangan rangka plafon pvc selesai, langkah yang berikutnya adalah memasang list terlebih dahulu di sekeliling tembok tepat di bawah rangka plafon PVC yang sudah dibuat tersebut.

Pemotongan untuk bagian sudut list bisa dengan memakai gergaji maupun mesin gerinda, setelah di pemotongan segera pasangkan list dengan menggunakan sekrup dan juga bor. Lakukan pemasangan list ini pada bagian sudut tembok terlebih dahulu dengan berurutan hingga ujung, lalu di dalam bidang tembok yang lainnya, lakukan langkah ini seterusnya, hingga pada sekelilingnya terpasang list profil tersebut.

4. Pasang Papan PVC


Bila nantinya list profil ini sudah selesai terpasang, maka langkah selanjutnya adalah penempelan papan PVC yang sudah dibeli dari distributor plafonPVC Purwakarta dengan memakai sekrup dan bor. Pasang satu lembar papanya terlebih dahulu dimulai dari salah satu pinggiran tembok pada setiap satu lembar dengan berurutan.

Masukan sisi papan PVC tersebut ke dalam list profil PVC yang sebelumnya sudah di pasang, sekrup bagian sisi yang lainnya pada papan PVC tersebut. Jika satu lembar papan tersebut terpasang, selanjutnya hanya tinggal sambung menyambung supaya menjadi satu kesatuan hingga selesai dan ruangan tertutup dengan papan PVC. Catatan khususnya setiap per lembar papan PVC yang perpasang, harus selalu di sekrup lebih dulu.