Berapa ukuran plafon PVC per lembar? Salah satu hal yang pastinya Anda pertanyakan ketika hendak mengunjungi distributor plafon PVC Purwakarta, terutama bagi Anda yang saat ini tinggal di kawasan Purwakarta dan sekitarnya, dan membutuhkan plafon PVC, yaitu berapa ukuran plafon PVC per lembar yang ada di pasaran. 




Ukuran plafon PVC per lembar


Seperti diketahui bersama, plafon PVC ini sudah banyak digunakan, tidak hanya untuk kalangan rumah tangga, namun juga untuk jenis bangunan lainnya, seperti gedung perkantoran, rumah sakit, atau yang lainnya. Jadi tidak mengherankan apabila desain Plafon PVC atau banyak orang menyebutnya dengan papan PVC terbilang beragam. Tidak hanya itu plafon PVC (Polyvinyl Chloride) ini juga diproduksi dalam berbagai macam warna dan ukuran. Berikut ini adalah beberapa macam ukuran plafon PVC yang ada di pasaran, yaitu :

· Ukuran panjang Plafon PVC


Secara umum, panjang plafon PVC yang banyak ditawarkan di pasaran, termasuk yang ada di distributor plafon PVC ini ada 4 macam, yaitu ukuran panjang 3 meter, 4 meter, 5 meter dan 6 meter. Namun ada juga yang menggunakan ukuran panjang lainnya, seperti panjang 2 meter.

· Ukuran lebar Plafon PVC


Pada ukuran lebar plafon PVC yang ada di pasaran, termasuk yang ada di pihak distributor, umumnya ukuran lebarnya sekitar 24 cm (kotor), atau sekitar 20 cm (bersih). Namun ada juga yang mempunyai ukuran lebar 25 cm.

· Ukuran ketebalan Plafon PVC


Untuk ukuran ketebalan dari plafon PVC yang ada di pasaran sendiri, juga cukup beragam. Yang paling umum adalah ukuran 5 hingga 8 mm, namun demikian ada juga yang mempunyai ukuran tebal 2 mm.

Yang perlu diperhatikan dalam hal ini, ukuran yang dicantumkan di atas adalah hitungan per lembar. Jadi dalam hal ini, Anda hanya perlu mencocokkan ukuran panjang lebar dan ketebalan, kemudian sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja panjang 4 m x lebar 20 cm, dan tebal 6 mm. Artinya per 1 lembar / perlembar ukurannya 4m x 20 cm x 6 mm. Demikian juga dengan ukuran lainnya.

Ketika Anda memang ingin membeli plafon PVC di distributor plafon PVC Purwakarta, sudah tentu perlu memperhatikan dengan baik, aneka ukuran yang ada, lalu pilih salah satu ukuran yang dirasa paling tepat, dan sesuai kebutuhan.

Beda merk beda ukuran


Sama seperti jenis barang lainnya, dimana beda merk, maka beda pula barang yang ditawarkan, walaupun selintas barangnya terlihat sama. Demikian pula dengan plafon PVC, dimana masing masing merk plafon PVC yang ada di pasaran, menyediakan desain dan ukuran yang berbeda beda.

Di Indonesia sendiri, terdapat setidaknya 4 merk plafon PVC yang terkenal, seperti :

  • · Shunda Plafon
  • · Kangbang Plafon
  • · Javafon Plafon
  • · Upton Plafon

Selain beberapa merk yang disebutkan di atas, masih ada beberapa merk lainnya yang juga ada di pasaran, dan juga digunakan oleh masyarakat luas, namun bisa dibilang namanya kurang terlalu dikenal.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, masing masing merk, mempunyai ukuran yang beragam, misalnya saja untuk Shunda Plafon, mempunyai 3 jenis ukuran panjang, yaitu : 3 meter, 4 meter dan 5 meter.

Lain halnya dengan merk Javafon yang juga mempunyai 3 ukuran panjang, yaitu : 2 meter, 4 meter dan 6 meter.

Ukuran berdasarkan desain


Selain berdasarkan brand atau merk, ukuran plafon juga biasanya berbeda untuk beberapa jenis desain. Walaupun pada umumnya, menggunakan ukuran yang terbilang sama.

Untuk hal seperti ini, ada baiknya jika Anda menanyakan langsung pada pihak distributor plafon PVC tersebut. Agar kelak Anda mudah mengkalkulasikannya sesuai dengan kebutuhan.

Cara menghitung kebutuhan plafon PVC lembaran secara tepat


Setelah mengetahui ukuran plafon lembaran yang umum ada di pasaran, terutama berdasarkan merk. Hal berikutnya yang perlu diperhatikan, ketika Anda ingin membeli plafon PVC adalah menghitung kebutuhan plafon PVC lembaran secara tepat. Berikut adalah langkah menghitungnya :

1. Menghitung luas ruangan


Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengukur luas ruangan yang akan menggunakan plafon PVC tersebut. Yang artinya Anda akan menghitung panjang kali lebar dari ruangan yang akan menggunakan plafon PVC tersebut.

2. Menghitung lembaran plafon PVC yang dibutuhkan


Setelah mengetahui jumlah luas ruangan yang akan menggunakan plafon PVC. Berikutnya Anda perlu mencari tahu, tentang ukuran plafon per lembar yang dijual di pasaran. Seperti yang sudah dibahas di atas, ukuran plafon PVC yang dijual di pasaran cukup beragam, mulai dari ukuran panjang, misalnya 2 meter, 3 meter, 4 meter, hingga 6 meter. Sedangkan untuk lebar rata rata dari plafon PVC tersebut adalah sekitar 20 cm. Untuk ketebalan plafon, sekitar 6 hingga 8 mm. Tentu saja ukuran tersebut berbeda beda untuk masing masing merk.

Adapun cara menghitung kebutuhan plafon PVC, Anda dapat memulainya dengan mengetahui ukuran luas ruangan itu sendiri. Misalnya saja luas langit langit ruangan Anda sekitar 36 meter persegi. Maka ukuran panjang plafon yang sebaiknya Anda gunakan yaitu ukuran 3 meter.

· Ukuran plafon = 3 meter x 20 cm (0,2 m) = 0,6 meter persegi

· Jumlah kebutuhan plafon per lembar = 36 meter persegi : 0,6 meter persegi = 60 lembar.

Artinya jumlah plafon PVC lembaran yang Anda butuhkan adalah sekitar 60 lembar.

Setelah mengetahui jumlah plafon PVC yang dibutuhkan, berikutnya Anda perlu mengunjungi distributor plafon PVC Purwakarta untuk mencari informasi secara langsung dan detail tentang merek, desain plafon PVC yang ada, ketersediaan produk, seperti yang Anda inginkan dan butuhkan.